Header Ads

Stadion I Wayan Dipta Direncanakan Bakal Direnovasi Untuk Menyambut PIala Dunia U-20 2021

File:Stadion Dipta.jpg - Wikipedia

Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali disebut bakal dirombak total untuk menyambut hajatan akbar Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Stadion yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali itu menjadi satu dari enam venue yang akan menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 tahun depan.
Perwakilan pengelola Stadion Wayan Dipta, Richie Kurniawan mengatakan renovasi kecil sudah dilakukan secara berkala sejak beberapa waktu yang lalu. Stadion I Wayan Dipta sempat ditunjuk menjadi venue pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia antara Timnas Indonesia melawan Vietnam pada 15 Oktober 2019.

Kondisi itu membuat stadion yang berkapasitas sekitar 23 ribu orang itu tinggal melakukan renovasi tambahan sesuai dengan standarisasi dan persyaratan yang diminta oleh pihak FIFA untuk Piala Dunia U-20.
"Renovasi akan kami sesuaikan dengan syarat yang diminta oleh FIFA. Lapangan, harus dirombak total, termasuk dengan rumput dan drainase. Tambahan single seat di beberapa sisi stadion serta peremajaan ruangan pendukung di official area akan kami lakukan," ucap Richi, Selasa (14/7).

Terkait proses renovasi, Richi menambahkan masih menunggu arahan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diberikan tanggung jawab oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengurus.
Kementerian PUPR dan Pemerintah Kabupaten Gianyar sebagai pemilik stadion juga masih harus membangun lima stadion tambahan lagi yang nantinya akan menjadi tempat latihan tim para peserta.

"Kalau pengelolaan semuanya dilakukan oleh Bali United, cuma nanti ranah renovasinya tetap ke pemilik. Karena anggarannya juga dari pemerintah, kan uang negara (APBN)," jelas Richi.
Pihak pengelola berharap renovasi Stadion Kapten I Wayan Dipta bisa diselesaikan sebelum Piala Dunia U-20 digelar sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan FIFA.
"Yang pasti kita akan kejar sebelum event dimulai. Renovasi juga kalau dibilang besar enggak, cuma perbaikan-perbaikan memenuhi standar FIFA saja. Single seat bahkan kita tinggal tribun selatan saja, yang lainnya sudah full. Renovasi banyak sih enggak, tapi tetaplah kita persiapkan sesuai dengan regulasi yang ada," ujar Richi.

Tidak ada komentar