Header Ads

Fabio Quartararo Dijatuhi Hukuman Karena Melanggar Penggunaan Mesin

Fabio Quartararo Signs for Monster Energy Yamaha for 2021 and 2022

Pembalap Petronas Yamaha Fabio Quartararo dijatuhi sanksi karena melanggar penggunaan mesin yang digunakan saat melakoni tes. Ia dihukum penalti selama 20 menit saat sesi tes bebas pertama MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Jumat (17/7).
Penalti itu membuat Quartararo kehilangan waktu 20 menit dari jatah normal untuk setiap pembalap. Hal ini ditengarai akan membuat pembalap asal Prancis itu tidak bisa maksimal memacu motor di sesi tes FP1.

Quartararo dihukum setelah sempat menjalani tes privat menggunakan sepeda motor Yamaha R1 di Circuit Paul Ricard, Prancis, pada pertengahan Juni. Sepeda motor R1 yang ditunggangi Quartararo saat menjalani tes diklaim memiliki kesamaan spec dengan M1 milik Yamaha di MotoGP.
Dalam keterangan resmi Federasi Motor Internasional (FIM), sang pembalap yang melakoni tes dianggap melakukan pelanggaran Pasal 1.15.1 c terkait dengan mesin yang boleh digunakan pembalap saat menjalani latihan atau tes di luar tes resmi MotoGP.

Quartaro telah mengajukan banding terkait keputusan yang dikeluarkan FIM. Namun, belum diketahui berapa lama hasil banding ini akan dikeluarkan.
Quartararo sendiri sudah mengikuti dua sesi tes MotoGP Jerez Spanyol sepanjang hari ini. Quartararo pun meraih hasil yang terbilang signifikan di dua sesi tes tersebut.

Di sesi tes pertama, Quartararo menempati posisi kelima. Pembalap berusia 21 itu memperbaiki performanya di sesi tes kedua dan bisa menempati posisi kedua pembalap tercepat di belakang pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales.
Quartararo sendiri akan menjalani musim terakhir bersama dengan Petronas Yamaha di MotoGP 2020. Musim depan pembalap berjuluk El Diablo itu dipercaya tampil bersama tim pabrikan dari Yamaha.

Tidak ada komentar