Header Ads

Seri Dari MotoGP 2021 Akan Dikurangi, Indonesia Tetap Aman

MotoGP: Dorna, FIM, IRTA Issue Statement Ahead Of Season Start ...

Chief Strategic Communication Officer MGPA Happy Harinto mengatakan gelaran MotoGP Indonesia tahun 2021 aman walau muncul wacana pengurangan jumlah seri balapan di musim 2021 imbas dari covid-19.
Dorna telah merilis 13 seri balapan MotoGP 2020 di tengah pandemi covid-19. Sebanyak 13 seri tersebut bakal digelar di delapan Circuit yang semua lokasinya terdapat di Eropa.

Dorna masih belum merilis jadwal seri balapan di luar Eropa hingga saat ini. Hal ini menguatkan kabar soal pemangkasan seri balapan MotoGP di luar Eropa, termasuk dengan Jepang, Thailand, hingga Malaysia.
Rencana pengurangan itu semakin banyak sampai ke MotoGP 2021, musim di mana untuk pertama kalinya Indonesia bakal menjadi tuan rumah di Circuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dorna sejauh ini menyebut Brasil dan Indonesia bakal masuk dalam dua seri tambahan di musim balap 2021.

"Sejauh ini komunikasi kami dengan Dorna masih baik. Tidak ada sama sekali keterkaitan wacana pengurangan seri balapan di 2021 dengan Mandalika. Saat ini Mandalika tetap berproses di Dorna. Pemotongan race sepanjang Dorna belum memberikan kejelasan, kami tidak ada masalah," ujar Happy, Senin (13/7).
"Kami masih menunggu pengumuman resmi dari Dorna soal kepastian tanggal penyelenggaraan MotoGP Indonesia 2021 pada Agustus ini," ia melanjutkan.

Happy mengungkapkan dalam rapat virtual yang digelar Senin siang, MGPA dan Dorna masih membahas operasional dan circuit menjelang homologasi. Termasuk progres pembangunan circuit yang persentasenya naik ke arah 40 persen.
"Progres kami saat ini fokus di masalah lokal untuk mendapatkan homologasi Dorna. Misalnya kesiapan Kementerian Kesehatan menyiapkan medical center, dokter perawat, kesiapan peralatan apa saja yang sesuai dengan standarisasi Dorna. Di Kementerian Perhubungan kaitannya dengan manajemen traffic pesawat. Ini juga dilaporkan Dorna ke FIM [Fédération Internationale de Motocyclisme]," kata Happy.

Sementara itu, CEO MGPA Ricky Baheramsjah mengatakan penyelenggara MotoGP Indonesia masih berpikir positif terkait penyelenggaraan balapan MotoGP di Circuit Mandalika tahun 2021.
"Memastikan dimulainya lagi balapan MotoGP tahun ini menjadi langkah awal baik yang diambil Dorna. Kita tidak tahu situasi tahun depan seperti apa, tapi langkah ini menjadi respon yang bagus buat industri balap dunia," ucapnya.
"Kalender balap tahun depan kami masih menunggu Dorna. Bila ada perubahan di 2021, pasti kami akan tahu lebih dulu. Kontrak kami mewajibkan kami menggelar balapan di 2021. Kita lihat di Agustus sampai September ini akan seperti apa kalender tahun depan."

Tidak ada komentar