Header Ads

UEFA Berencana Memindahkan Babak Semifinal dan Final Liga Champion Ke Jerman

UEFA calls meeting of European Football Stakeholders | Inside UEFA ...

UEFA ingin memindahkan babak semifinal dan final Liga Champions ke Jerman lantaran ketidak jelasnya perkembangan pandemi virus corona di Turki.
Pada musim 2019/2020, badan sepak bola Eropa itu menunjuk Stadion Ataturk di Istanbul, Turki sebagai venue final Liga Champions.

Akan tetapi, turnamen level elite antarklub Eropa itu sedang tidak berjalan dengan semestinya akibat wabah Covid-19.
Sejak pertengahan Maret yang lalu, Liga Champions musim ini telah dihentikan. Sebagian tim tuntas melakoni dua pertandingan di babak 16 besar dan memastikan lolos ke perempat final.

Sementara itu, beberapa tim lain baru menggelar leg pertama babak 16 besar. Meski demikian, UEFA bertekad untuk menyelesaikan Liga Champions musim ini. UEFA dan Asosiasi Klub-klub Eropa ingin Liga Champions segera selesai pada akhir Agustus.
Segala upaya telah dilakukan UEFA, termasuk dengan rencana memangkas menggelar dua leg di sisa babak gugur.

Baru-baru ini, UEFA juga ingin memberlakukan skema final four yang seluruhnya digelar di Jerman. Dengan skema itu, maka pertandingan semifinal dan final Liga Champions musim ini bisa dilangsungkan di Jerman, tidak lagi di Turki.
Sejumlah faktor menjadi alasan UEFA mendorong final four Liga Champions di Jerman. Yang utamanya karena tidak jelasnya kondisi penyebaran Covid-19 di Turki.
Selain itu, desakan dari beberapa klub yang ingin perempat final digelar di tempat yang netral dan Liga Jerman yang lebih dahulu "restart" dibanding liga-liga lain di Eropa juga menjadi pendukungnya.

Pada tanggal 7 dan 8 Agustus mendatang UEFA juga berencana menggelar leg kedua babak 16 besar, termasuk dengan laga Barcelona vs Napoli dan Juventus vs Lyon.

Tidak ada komentar