Header Ads

Sejarah Persaingan Antara Bayern Munchen Dengan Borussia Dortmund di Der Klassiker

Bayern München vs Borussia Dortmund — Moondog's Bar & Grill

Duel antara Bayern Munchen dan Borussia Dortmund dalam Der Klassiker atau laga klasik jadi yang paling ditunggu di Bundesliga era saat ini.
Pertandingan Dortmund vs Munchen di Signal Iduna Park pada Selasa (26/5) nanti akan jadi Der Klassiker ke-102 bagi kedua tim di Bundesliga.
Sampai dengan saat ini, Munchen masih mendominasi di Der Klassiker dengan 47 kemenangan, sementara Dortmund meraih 25 kemenangan.

Meski demikian, label Der Klassiker itu sendiri masih dipertanyakan banyak pihak mengingat sejarah pendek persaingan Bayern Munchen dan Borussia Dortmund.
Persaingan Munchen vs Dortmund disebut masih kalah panas dibandingkan dengan sejumlah liga lain di Liga Jerman, termasuk antara Dortmund dan FC Schalke 04 dalam Revierderby dan juga Munchen dengan FC Nuremberg dalam Bavarian Derby.

Salah satu faktor yang bisa membuat Der Klassiker menjadi sorotan adalah kesuksesan Munchen dan Dortmund di Bundesliga.
Di era Bundesliga yang dimulai sejak 1963, FC Hollywood, julukan Munchen, menjadi paling banyak menjuarai liga. Kombinasi gelar liga Munchen degann Dortmund membuat kedua tim mengoleksi 32 trofi Bundesliga. Dortmund tim kedua di bawah Munchen yang memiliki jumlah trofi Bundesliga terbanyak, bersama dengan Borussia Monchengladbach.

Rivalitas sebenarnya untuk Munchen dengan Dortmund baru terjadi ketika di era 1990-an. Pada masa itu, Die Borussen mulai berani menantang Munchen sebagai calon juara Bundesliga.
Dortmund mewujudkan ambisinya dengan menjuarai liga di musim 1994/1995 dan 1995/1996. Pada 1996, kapten Munchen Lothar Matthaus mengejek rekan setimnya di timnas Jerman Andreas Moller yang merupakan bintang Dortmund dengan sebutan seorang yang cengeng. Moller membalasnya dengan menampar Matthaus.

Pada musim 1996/1997, Dortmund juara Liga Champions di Olympiastadion yang menjadi kandang Munchen pada saat itu. Prestasi Dortmund tersebut memantik persaingan kedua tim.
Munchen dan Dortmund lalu bertemu di perempat final Liga Champions 1997/1998. Dortmund berjaya seusai memenangi dua leg lewat gol dari Stephane Chapuisat.

Jelang musim 1998/1999, Munchen membajak Ottmar Hitzfeld yang ketika itu jadi Direktur Sepak Bola Dortmund, dan mempersembahkan lima trofi untuk klub tersebut.

Tidak ada komentar