Header Ads

Ronald Koeman Calon Pelatih Barcelona Yang Terkena Serangan Jantung

Netherlands coach Ronald Koeman undergoes heart surgery - AS.comPelatih timnas Belanda, Ronald Koeman, dilarikan ke rumah sakit karena mengalami masalah jantung. Koeman merupakan salah satu calon pelatih Barcelona di musim depan.
Performa Barcelona usai ditinggal Luis Enrique mengalami pasang surut. Blaugrana tetap mendominasi La Liga, namun performa Lionel Messi dan kawan-kawan kadang tidak sedang konsisten dan selalu gagal di Liga Champions.
Sejumlah pelatih didatangkan, mulai dari Ernesto Valverde hingga kini Quique Setien. Meski awalnya diklaim mengembalikan tiki-taka yang mirip dengan Pep Guardiola, namun posisi Setien tidak sepenuhnya aman di Barcelona.

Bersama Setien, Barcelona meraih delapan kemenangan dan menelan tiga kekalahan di semua kompetisi. Namun, saat dilatih Setien juga Barcelona tersingkir dari Copa del Rey Musim ini usai dikalahkan Athletic Bilbao 1-0.
Di klasemen sementara Liga Spanyol, klub asal Catalunya itu belum sepenuhnya aman dari kejaran Real Madrid karna hanya unggul dua poin.
Kondisi itu tampaknya membuat manajemen Barcelona sedikit gerah dan berniat untuk mencari pelatih lain yang dianggap bisa membawa juara bertahan La Liga tersebut kembali mendominasi Spanyol dan juga berjaya di Eropa.
Salah satu nama yang santer dikabarkan bisa merapat ke Camp Nou pada musim depan adalah Ronald Koeman. Pelatih asal Belanda itu mempunyai peluang melatih Barcelona karena pernah menjadi pemain di klub tersebut.

Koeman menjadi pemain di Barcelona sejak 1989 hingga 1995 di bawah asuhan Johan Cruyff. Total 10 gelar telah diraih Koeman bersama Barcelona, termasuk empat gelar La Liga dan satu Liga Champions. Pencapaian itu cukup bagi Koeman mendapatkan label 'legenda Barcelona'.
Kegemilangan Koeman memoles timnas Belanda membuat manajemen Barcelona tertarik untuk membawanya kembali ke Camp Nou,tetapi kali ini sebagai pelatih.
Bersama Oranje, Koeman meraih 11 kemenangan dari 10 pertandingan di semua ajang. Salah satu capaian Koeman dengan timnas Belanda adalah menjadi runner-up UEFA Nations League usai kalah 0-1 dari Portugal.

Kemungkinan Koeman melatih Barcelona diungkapkan sendiri oleh sang pelatih dalam beberapa kesempatan. Menurut Koeman, ia bisa bergabung dengan Gerard Pique dan kawan-kawan setelah kontraknya dengan timnas Belanda berakhir seusai Piala Eropa 2020.
"Mungkin saja [bergabung dengan Barcelona], tapi tunggu setelah Piala Eropa 2020," ujar Koeman.
"Saya tidak tahu apakah akan tetap membahas [tentang kemungkinan menjadi pelatih Barcelona] ke depannya karena agak aneh berbicara peluang untuk ke klub sementara saya masih menjadi pelatih Belanda," kata Koeman menambahkan.

Akan tetapi, rencana kepindahan Koeman ke Barcelona harus tertunda karena pandemi virus Corona. Wabah Covid-19 yang marak di awal 2020 membuat sebagian besar kompetisi dan turnamen sepak bola di Eropa ditunda. Termasuk dengan Piala Eropa 2020 yang ditunda hingga 2021.
Dengan penundaan tersebut, Koeman juga harus sedikit bersabar karena harus menuntaskan seluruh tanggung jawabnya bersama timnas Belanda di Piala Eropa 2020 yang digelar 2021.
"Klausul kontrak saya untuk pindah ke Barcelona bisa terjadi setelah Piala Eropa," kata Koeman.
 "Tidak ada tanggal yang tertera, jadi sekarang telah berubah setelah Piala Eropa 2021 usai. Tetapi untuk saat ini saya belum memikirkan hal itu sedikitpun."

Kini, calon pelatih Barcelona itu tengah berjuang dengan penyakit jantungnya. Pelatih 57 tahun itu mengalami masalah jantung pada Minggu (3/5) waktu setempat.
Tetapi satu hari berikutnya, Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) merilis pernyataan, Ronald Koeman telah sukses menjalani operasi jantung dan dijadwalkan keluar rumah sakit pada Senin (4/5) waktu setempat.

Tidak ada komentar