Header Ads

Kelanjutan Dari Liga Italia Musim Ini Akan Ditentukan Pada 28 Mei

Italian sports minister hints Serie A may suffer similar fate as ...

Kelanjutan Liga Italia musim ini akan ditentukan pada Kamis (28/5) dalam pertemuan antara pemerintah dan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) dan operator liga, Liga Serie A.
Menteri Olahraga Italia Vincenzo Spadafora akan memberi izin kepada penyelenggaraan pertandingan jika kondisi kesehatan di negaranya  tersebut telah membaik.

Liga Italia sudah dihentikan sejak 9 Maret lantaran pandemi virus corona yang telah merenggut nyawa hampir 33.000 orang di negara Eropa selatan itu.
Menjelang pertemuan antara pemerintah dan pemangku kepentingan sepak bola di Italia, terindikasi kabar liga kemungkinan besar akan kembali berlangsung.
Jika mendapat persetujuan dari pemerintah maka Lega Serie A menjadwalkan pertemuan untuk merancang kalender menyelesaikan sisa musim ini, baik di kompetisi Serie A maupun turnamen Piala Italia.

Petinggi-petinggi dari Liga Serie A menginginkan kompetisi berlanjut pada 13 Juni dengan memainkan laga-laga yang sebelumnya tertunda, yakni Atalanta vs Sassuolo, Verona vs Cagliari, Inter Milan vs Sampdoria, dan Torino vs Parma.
Selama sepekan berselang diharapkan liga dapat kembali berlangsung dan kepastian gelar juara, tim degradasi dan promosi, dapat ditentukan awal Agustus.
Tak semua mendukung penyelenggaraan kembali kompetisi di Italia dengan jadwal padat, yang mengharuskan setiap klub dapat memainkan tiga laga per pekan dalam kondisi cuaca musim panas.

Brescia dan Torino yang bermarkas di daerah Lombardy dan Piedmont, salah satu lokasi terdampak Covid-19 cukup parah, merupakan dua klub yang secara konsisten menolak untuk menyelesaian liga musim ini.
"Menyelesaikan kompetisi menurut pendapat saya adalah sebuah pemaksaan. Itu sangat berisiko pada keamanan para pemain," kata kapten Brescia Daniele Gastaldello.

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini juga memilih untuk tidak melanjutkan liga demi keamanan dan keselamatan para pemain.
Untuk mengakomodir masukan dari berbagai pihak, Liga Serie A juga mempertimbangkan kelanjutan kompetisi dalam jangka waktu pendek dengan menggunakan playoff untuk menentukan juara, penghuni zona Eropa, dan degradasi beserta dengan promosi.

Selain jadwal dan penyelesaian musim ini, masalah lain yang muncul di tengah pandemi adalah kontrak dengan pemain yang pada waktu normal akan usai pada akhir Juni, sementara jika liga dilanjutkan hingga Agustus maka beberapa pemain akan melewati batas kontrak mereka.
Pemotongan gaji dan pertanggungjawaban jika ada penularan penyakit juga masih menjadi masalah yang harus diselesaikan dengan pihak terkait.

Tidak ada komentar