Header Ads

Penjualan Handphone Di Indonesia Turun Drastis Dikarenakan Virus Corona

Pusat Jual Beli Handphone Terlengkap di Asia Tenggara - Ulasan ...

Data IDC Indonesia menunjukkan bahwa pengiriman smartphone pada kuartal pertama 2020 turun 7,3 persen secara year on year (dari tahun ke tahun/YoY) dan 24,1 persen secara quarter over quarter (dari kuartal ke kuartal/QoQ).
Sementara sampai dengan kuartal pertama ini, ada sebanyak 7,5 juta unit smartphone yang dikirim ke Indonesia.

Berkaca pada di atas, menurut Tracker Ponsel Triwulan IDC, angka tersebut menunjukkan rekor terendah baru dalam dua tahun terakhir yang disebabkan oleh pandemi virus corona SARS-Cov-2 (Covid-19).
Kendati demikian, ada beberapa vendor ponsel yang masih mampu mempertahankan kelangsungan bisnis perusahaan mereka karena fasilitas produksi lokal dan pasokan komponen yang diaktakan aman.

Menurut Market Analyst dan Client Devices, IDC Indonesia, Risky Febrian, tanda-tanda perlambatan pasar itu dimulai pada saat Maret 2020 ketika pemerintah pusat mulai menggaungkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), yang mana mengharuskan outlet ritel ponsel ditutup sementara.
"Penyebaran pandemi Covid-19 masih belum dapat diatasi di dalam negeri, pasar smartphone di Indonesia akan terus mengalami turbulensi yang disebabkan oleh berbagai faktor ekonomi hingga 3Q20 setidaknya sebelum pasar mulai melihat tanda-tanda stabilitas lagi," tulis Risky, Senin (18/5).

Menurut Risky, terlepas dari turbulensi akibat Covid-19, implementasi peraturan registrasi IMEI terus menjadi faktor positif yang berkelanjutan untuk industri smartphone lokal.
"Karena bertujuan untuk mengurangi impor unit ilegal dan mempromosikan konsumsi smartphone yang dibuat secara lokal di Indonesia, yang akan bermanfaat bagi lokal industri dalam jangka waktu panjang," tambahnya.

Tidak ada komentar