Header Ads

Sikap Kehati-Hatian Dari Zinedine Zidane

Zinedine Zidane Biography Facts, Childhood, Net Worth, Life ...Zinedine Zidane adalah salah satu legenda sepak bola dan 'penari' terhebat di lapangan pada masanya. Sama dengan sejumlah pesepakbola top lainnya, Zidane terlahir dari latar belakang keluarga yang sederhana.
Zidane dikenal sebagai salah satu pesepakbola muslim terbaik sepanjang sejarah. Meski demikian, Zidane selalu berhati-hati dalam menyikapi soal agama yang dianutnya.

Di media-media maupun media sosial milik Zidane, nyaris tidak ada muatan terkait Islam, agama yang dianut keluarganya. Bagi Zidane, masalah keyakinan murni urusan pribadi sehingga dia Enggan untuk dipublikasikan.
Zidane bukan seperti pesepakbola lain macam Mesut Ozil dan Karim Benzema yang kerap vokal dalam persoalan Islam dan diskriminasi. Dia terlalu 'malu' untuk buka suara.
Zizou, sapaan akrab pelatih Real Madrid itu, nyaris tak pernah membahas perihal agama yang dipeluknya. Coba cek saja di akun media sosialnya seperti Instagram atau Twitter, tidak ada satu pun membahas ihwal terkait keyakinannya.

Bahkan sekadar mengucapkan selamat berpuasa seperti biasa dilakukan para pemain atau mantan pemain muslim yang lain di media sosial, Zidane bukan tipe pribadi seperti itu. Dia begitu misterius dalam urusan agama.
Zidane pernah menjawab pertanyaan seputar keyakinannya dalam wawancara khusus dengan media Inggris, Guardian, pada 2004. Dia mengakui bukan muslim yang taat, dalam arti melaksanakan praktik keagamaan secara utuh.
Meski mengakui bukan seorang muslim taat, Zidane tak lantas hilang keyakinan sebagai pemeluk agama Islam. Ketika masih merumput di lapangan, ia kerap berdoa sesuai dengan ajaran Islam.

Selain menutup rapat-rapat soal keyakinan agama, Zidane termasuk pemain yang amat plural. Terbukti dia menikahi perempuan beda keyakinan, Veronique Fernandez. Dia menikahi perempuan keturunan imigran asal Spanyol tersebut pada 1994.
Hasil dari pernikahan itu mereka dikaruniai empat putra yaitu Enzo, Luca, Theo, dan Elyaz Zidane. Semua putranya mengikuti jejak sang ayah sebagai seorang pesepakbola.
Sikap tertutup dari Zidane soal agama dan orientasinya yang plural amat dipengaruhi kehidupan sekuler Prancis yang sangat beragam. Belum lagi, perasaan trauma lantaran masalah rasialisme dan stigma terhadap muslim di negara itu ketika ia kecil hingga remaja.

Tidak ada komentar