Header Ads

Donald Trump Memperpanjang Larangan Huawei Sampai Mei 2021

Trump ramps up battle against China's Huawei | Daily Express ...

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump disebut memperpanjang larangan kerjasama perusahaan-perusahaan teknologi AS dengan Huawei Technologies hingga Mei 2021.
Ini berarti kerjasama perusahaan teknologi AS dengan China akan kembali dijegal Trump. Namun, hingga saat ini pemerintah AS belum mengeluarkan pernyataan resmi apakah akan diperpanjang atau tidak. 

Meski begitu, Departemen Perdagangan AS tetap mengeluarkan serangkaian lisensi sementara, yang memungkinkan sebagian perusahaan teknologi Paman Sam itu tetap dapat melakukan kemitraan bisnis dengan Huawei.
Lisensi sementara itu pun itu sendiri sebetulnya akan berakhir pada minggu ini dan banyak perusahaan yang mengharapkan izin tersebut bisa segera diperpanjang.

Tak hanya Huawei yang terkena imbas, perusahaan teknologi China lain yaitu ZTE juga dilarang menjajakan produk mereka ke perusahaan teknologi AS seperti Google. 
Awal mula perseteruan antara Huawei dan pemerintah AS dimulai sejak Mei 2019. Huawei masuk dalam daftar hitam setelah perusahaan itu diduga terlibat dalam aktivitas yang berlawanan dengan kebijakan pemerintahan Trump.
Huawei pun bersikeras pelarangan ini akan memberikan lebih banyak kerugian bagi AS dibandingkan dengan perusahaannya.

Buntut dari perseteruan tersebut, layanan konten digital Google Play mesti menghilang dari ponsel Huawei pada akhir 2019.
Sebagai gantinya, Huawei telah menyiapkan Huawei Mobile Services (HMS) untuk mendukung ekosistem perangkat mereka.
Selain itu Huawei juga menyatakan akan membeli chip dari Samsung Electronics dan perusahaan lain jika pemerintah Amerika Serikat memperketat kontrol ekspor yang menjadi bagian dari perang dagang dengan China.

Huawei mengatakan sejauh ini belum dapat membuat chip ponsel sendiri. Namun, Huawei meyakini perusahaan chip di China akan cepat tumbuh sehingga dapat menggunakan chip dalam negeri atau chip buatan Korsel, Jepang, Taiwan, dan Eropa.

Tidak ada komentar