Header Ads

Pendiri Dari Tesla Mengaku Siap Dipenjara Karena Melawan Pemerintah

Elon Musk threatens to pull Tesla operations out of California and ...

Pendiri sekaligus CEO Tesla, Elon Musk mengaku siap untuk dipenjara karena melanggar kebijakan lockdown dengan membuka kembali pabrik mobil listrik Tesla di Alameda County, California, AS.
Langkah Musk itu juga sebagai bentuk protes kepada pejabat kesehatan daerah Alameda yang mengklaim pihaknya memiliki wewenang untuk tetap menutup pabrik Musk selama pandemi virus corona SARS-Cov-2 (Covid-19).

"Tesla memulai kembali produksi hari ini melawan peraturan dari Alameda County. Saya akan berada di depan bersama yang lainnya. Jika seseorang ditangkap, saya minta hanya saya saja," cuit Musk lewat akun Twitter pribadinya, Selasa (12/5).
Tesla sebelumnya telah melayangkan gugatan terhadap Alameda County pada Sabtu (9/5) lalu ke pengadilan federal di distrik bagian utara California.
Tesla telah menuduh pejabat daerah tersebut melanggar klausul perlindungan dan proses hukum yang tertuang pada Fourteenth Amendment's (Amandemen Keempat Belas) dan meminta kepada pengadilan untuk memberikan izin beroperasi meskipun ada kebijakan lockdown lokal.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara Departemen Kesehatan Masyarakat Daerah Alameda, Neetu Balram, telah mengetahui bahwa pabrik Tesla telah kembali beroperasi. Namun Balram meminta kepada Musk untuk mematuhi perintah jajarannya.
"Kami mengetahui bahwa pabrik Tesla di Fremont telah dibuka dan melampaui Operasi Dasar Minimum. Kami telah memberi tahu Tesla bahwa mereka hanya dapat beroperasi secara terbatas sampai kami memiliki rencana yang telah disetujui," cuit akun resmi Departemen Kesehatan Masyarakat Daerah Alameda.

Meski begitu, Musk dan tim telah menerbitkan prosedur untuk meningkatkan kebersihan dan menerapkan jaga jarak antar karyawan. Namun sebagian pihak meragukannya karena pekerjaan perakitan sering menempatkan para karyawannya untuk berdekatan.
Ada lebih dari 10 ribu orang yang bekerja di pabrik Tesla. Kantor pusat Tesla yang berada di Palo Alto juga termasuk di dalam lockdown Bay Area.
Pemerintah negara bagian California memang sudah melonggarkan kebijakan lockdown sejak 8 Mei 2020.

Sejak pandemi virus corona memasuki wilayah, Departemen Kesehatan Masyarakat Daerah Alameda mencatat setidaknya ada 2.101 orang positif mengalami Covid-19 dan 71 warga telah meninggal dunia.
Sementara berdasarkan data Worldometers saat ini AS merupakan negara dengan kasus corona terbanyak di dunia dengan 1.384.033 kasus. Sebanyak 81.073 di antaranya telah meninggal dan 260.355 pasien dinyatakan sembuh.
Gubernur California, Gavin Newsom, mengatakan pihaknya tidak mengetahui bahwa pabrik Tesla telah dibuka kembali yang secara otomatis melanggar pedoman lockdown. Namun ia berharap di antara Musk dan pejabat daerah Alameda bisa segera berdamai.
"Saya memiliki harapan yang besar bahwa kita dapat bekerja beriringan dengan pejabat daerah . Selain itu, kami juga menantikan hubungan yang erat ke depannya (dengan Tesla)," kata Newsom. 

Tidak ada komentar