Header Ads

Jose Mourinho Hampir Saja Menjadi Pelatih Dari Barcelona

Report: Mourinho has made it clear he wants £50m signing, Spurs ...Jose Mourinho hampir saja menjadi pelatih dari Barcelona pada 12 tahun silam jika manajemen Blaugrana tidak memilih Pep Guardiola.
Sepak bola dunia sudah diwarnai dengan persaingan apik Jose Mourinho dengan Pep Guardiola. Rivalitas itu dimulai di babak semifinal Liga Champions 2009/2010, meski keduanya sempat bertemu di babak grup.

Di semifinal Mourinho yang menangani Inter Milan sukses menyingkirkan Barcelona yang dilatih Guardiola. Di leg pertama semifinal Inter menang 3-1 atas Barcelona di Giuseppe Meazza.
Tetapi ketika bermain di kandang Blaugrana tidak bisa berbuat banyak. Lionel Messi dan kawan-kawan hanya bisa menang dengan skor 1-0, mereka pun tersingkir dengan agregat 2-3.

Momen tersingkirnya Barcelona dari Inter Milan di Liga Champions terjadi pada 28 April 2010. 
Kemenangan atas Barcelona tidak saja mengantar Mourinho dan Inter ke final, tetapi juga membawa pelatih asal Portugal itu meraih trofi Liga Champions kedua dalam kariernya setelah bersama FC Porto. 
Dalam statistik Transfermarkt, Mourinho tercatat sudah 23 kali menghadapi Guardiola dan 27 kali melawan Barcelona.

Rekor Mourinho melawan Guardiola tergolong buruk, hanya menang enam kali dan 11 kali kalah. Namun menghadapi Barcelona, Mourinho menang sebanyak sepuluh kali dengan delapan kali kalah.
Catatan tersebut mungkin tidak akan berlaku apabila Mourinho menjadi pelatih Barcelona pada musim 2008/2009. Mourinho hampir saja jadi pelatih klub asal Catalunya itu di pertengahan 2008.
Kesempatan melatih itu terbuka karena Mourinho pernah menjadi asisten pelatih Sir Bobby Robson dan Louis van Gaal di Barcelona. Pada masa tersebut Guardiola masih menjadi pemain.

Selain itu Mourinho juga diperhitungkan Barcelona karena pernah juara Liga Champions dengan FC Porto pada 2004 dan juara Liga Inggris bersama Chelsea di musim berikutnya.
Yang paling penting, peluang Mourinho jadi pelatih Barcelona muncul saat Frank Rijkaard diisukan akan digantikan pada akhir musim. Mourinho menjadi salah satu kandidat pelatih Blaugrana.
Lebih dari sekadar rumor Mourinho pernah mendapat kesempatan langsung presentasi di hadapan bos-bos Barcelona di Lisbon.

Akan tetapi di luar desas-desus Mourinho akan melatih Barcelona, muncul isu sejumlah pihak di klub tersebut yang tidak ingin eks pelatih Benfica itu ada di Camp Nou. Salah satu faktornya sejumlah pertemuan Chelsea dengan Barcelona di Liga Champions.
Mourinho dikhawatirkan akan membuat Barcelona menjadi tidak stabil, membawa agendanya sendiri, sampai dengan gaya bermain yang bakal jadi kontroversi.
Barcelona akhirnya memutuskan untuk tidak menggunakan jasa Mourinho dan lebih memilih Guardiola. Ketika itu Guardiola belum mempunyai pengalaman di level senior. Ia hanya bekas pelatih dari La Masia.

Momen itu juga yang tampaknya membuat Mourinho begitu bergairah ketika menghadapi Guardiola dan Barcelona.
Meski demikian pelatih kelahiran Setubal itu tetap enggan memberikan konfirmasi soal kegagalannya dalam melatih Barcelona pada 2008.
"Ini menyangkut karier saya, dan saya lebih memilih tetap merahasiakannya untuk diri saya. Mungkin suatu saat saya akan mengungkapkannya (alasan tersebut) suatu saat nanti," ujar Mourinho.

Tidak ada komentar