Header Ads

Bocoran Spesifikasi Kamera Iphone 12 Akan Menggunakan Sensor LiDAR

Apple iPhone 12 Leaks. - Nation BytesSpesifikasi kamera pada perangkat ponsel baru Apple yaitu iPhone 12 disebut bakal menggunakan sensor pemindai LiDAR. Hal ini berasal dari bocoran salah satu penggiat gadget lewat akun media sosial di Twitter.
Pemindai LiDAR (Light Detection and Ranging) merupakan teknologi optik penginderaan jarak jauh untuk mengukur jarak. Sensor yang digunakan akan menembakkan laser dan jarak bakal diukur dari berapa lama laser tersebut memantul kembali ke sensor. Penerapan lebih lanjut, pemindaian menggunakan LiDAR bisa digunakan untuk memetakan bentuk permukaan Bumi.
Selain sensor LiDAR, akun @choco_bit juga mencuitkan bahwa Apple menyiapkan dua varian ponsel yaitu iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max.

 "Apakah kalian bersemangat dengan iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max dengan LiDAR?," cuitnya.
Unggahan gambar dari akun @choco_bit yang dikutip 9to5mac, pun menunjukkan selain didukung dengan sensor LiDAR, kamera iPhone 12 pun bakal disematkan kamera wide angle, ultra wide, telephoto, dan flash dengan sensor. 
Cara kerja LiDAR ini disebut iFixit mirip dengan FaceID. Keduanya sama-sama memindai menggunakan laser untuk menentukan kontur. Bedanya, FaceID digunakan untuk menentukan kontur muka pengguna sementara LiDAR biasanya digunakan untuk memindai kontur muka Bumi.

Dari hasil membongkar iPad Pro 2020, menurut iFixit kualitas pemindaian sensor LiDAR tidak akan sebaik  sensor TrueDepth FaceID. Sebab menurutnya sensor LiDAR tak harus seakurat FaceID. Namun, dalam hal kemampuan mengukur jarak, sensor LiDAR masih lebih baik dari kamera 3D ToF, seperti dikutip NotebookCheck.
Mengenai tampilan, iPhone 12 bakal memiliki ukuran layar 5,4 inci, 6,1 inci dan 6,7 inci, menggunakan layar OLED dan mendukung konektivitas 5G Selain itu, dua varian iPhone 12 dikabarkan juga bakal memakai chipset terbaru Apple yaitu A14 SoCs.

Selain iPhone 12, Apple disebut bakal segera membuka pemesanan dua perangkat ponsel terbaru mereka yaitu iPhone 9 dan iPhone 'murah' yang disebut SE.
Apple bahkan mengubah nama iPhone SE menjadi iPhone SE 2. 
Seperti bocoran spesifikasi sebelumnya, iPhone SE 2 bakal menggunakan spesifikasi yang sama dengan ketiga iPhone 11 yaitu prosesor A13 Apple.

Prosesor A13 Apple merupakan generasi kedua dari chipset A11 Bionic yang dibenamkan pada iPhone 8. Prosesor ini dapat memungkinkan pengguna untuk menikmati fitur Apple Arcade dan AR (Augmented Reality).
Mengenai harganya, iPhone SE 2 disebut bakal dibanderol dengan harga US$399 atau sekitar Rp6,5 juta (US$1 - Rp16.522). Sementara harga iPhone 8 yang saat ini di pasaran ialah US$449 atau Rp7,4 juta.

Tidak ada komentar