Header Ads

Alex Ferguson Membenci Baju Abu-Abu Mu

Man Utd make NHS donations as Alex Ferguson leads praise of medics ...Manchester United pernah melakukan hal yang tidak biasa di Liga Inggris saat mengganti kostum tim di pertengahan pertandingan.
Pada pekan ke-35 Liga Inggris musim 1995/1996, MU bertanding ke markas Southampton di Stadion Del, 13 April 1996.
Sebelum pertandingan itu tim asuhan Alex Ferguson tersebut telah berada di puncak klasemen sementara dengan perolehan 76 poin, unggul lima angka di atas Newcastle United.

Setan Merah bertandang ke kandang Southampton dengan mengenakan kostum abu-abu pada atasan dan celana putih.
Dengan kostum itu sang pemuncak klasemen tampil dengan buruk. Tiga gol bersarang di gawang Peter Schmeichel pada babak pertama. MU tertinggal 0-3 lewat gol Kenneth Monkou (11'), Neil Shipperley (23'), dan Matthew Le Tissier (43').
Hasil babak pertama itu membuat Ferguson geram di kamar ganti. Bukan masalah strategi yang disorot pelatih asal Skotlandia tersebut, melainkan kostum yang dikenakan Steve Bruce dan kawan-kawan saat itu.

"Cepat lepaskan kostum itu! Kalian harus ganti baju itu," adalah kata-kata pertama yang diucapkan Alex Ferguson kepada timnya di babak pertama, 24 tahun lalu.
Selain mengganti kostum warna abu-abu dengan kaus tandang garis-garis biru-putih, Ferguson juga memberikan hairdryer treatment kepada para pemainnya.
Pergantian kostum itu membuat bingung komentator. Termasuk juga para suporter yang sudah membeli jersey abu-abu tersebut.

"Dia [Ferguson] benci kostum itu. Tapi ada ilmu di baliknya," ucap Gary Neville.
Ilmu yang dimaksud Neville adalah, kostum abu-abu lebih sulit dilihat dibandingkan dengan warna cerah yang bisa langsung dikenali mata.
Meski demikian seusai pertandingan justru Ferguson yang mengklaim para pemainnya tidak menyukai kostum warna abu-abu.
"Mereka mengatakan sulit melihat rekan satu tim dari kejauhan ketika mengangkat kepala. Itu tidak ada hubungannya dengan takhayul," kata Ferguson.

Usai mengganti kostum itu dengan biru-putih, The Red Devils bisa mencetak satu gol lewat Ryan Giggs di menit ke-89.
Komentar Ferguson juga ada benarnya. Kekalahan dari Southampton membuat MU gagal menang untuk kali kelima dengan kostum abu-abu di musim 1995/1996 (4 kalah, 1 imbang).
Sejak saat itu kostum tandang warna abu-abu tersebut tidak pernah terlihat lagi. Umbro sebagai pemilik apparel menjual murah kostum tersebut dengan harga 10 poundsterling untuk meredakan amarah para suporter.

Ferguson sendiri dikenai sanksi 10 ribu poundsterling karena memerintahkan penggantian kostum di tengah pertandingan.
"Itu 10 ribu poundsterling menjadi yang terbaik yang pernah saya keluarkan," tutur Ferguson.
Kekalahan dari Southampton menempatkan Newcastle hanya berjarak dua poin di belakang MU. Namun MU mulai bangkit di laga-laga berikutnya dan memenangi tiga pertandingan terakhir untuk menjadi juara di musim tersebut.  

Tidak ada komentar