Header Ads

Hari ini Menjadi Hari Dimana Liverpool Menjadi Juara Terakhir kali Di Liga Inggris

Liverpool FC 1989/90: Title number 18 secured but an empire crumblesTanggal 28 April 1990 atau pada 30 tahun lalu, Liverpool juara Liga Inggris untuk terakhir kalinya. Gelar juara di musim 1989/1990 itu membuat The Reds menjadi penguasa Liga Inggris dengan perolehan 18 trofi.
Liverpool memastikan diri menjadi juara Liga Inggris musim 1989/1990 setelah mengalahkan Queens Park Rangers 2-1 di pekan ke-37 di Stadion Anfield.

Sampai dengan pekan ke-36, Aston Villa yang berada di peringkat kedua memberikan perlawanan sengit kepada Liverpool. Di matchday kali itu kedua tim berselisih 5 poin.
Meski demikian, di pertandingan berikutnya Liverpool benar-benar memanfaatkan momentum laga kandang, sekaligus mengunci gelar juara di musim tersebut.

Dalam pertandingan krusial itu Liverpool tertinggal lebih dahulu oleh gol Roy Wegerle di menit ke-45 yang membobol gawang Bruce Grobbelaar.
Beruntung, Merseyside Merah memiliki striker sekaliber Ian Rush yang mampu menyamakan kedudukan imbang sebelum turun minum.
Memulai laga dengan skor sama kuat 1-1 membuat Liverpool sedikit di atas angin, ditambah dengan dukungan publik Anfield. Hasilnya, John Barnes menambah gol untuk tuan rumah lewat penalti di menit ke-90 yang membuat Liverpool menang sekaligus juara.

Gelar juara itu merupakan yang kedua kalinya secara beruntun bagi Liverpool seusai musim 1987/1988. Tim asuhan Kenny Dalglish saat itu pun menjadi 'Raja' di Liga Inggris dengan koleksi 18 gelar juara.
Akan tetapi, trofi itu ternyata jadi yang terakhir bagi Liverpool di Liga Inggris atau lebih tepatnya di Divisi Satu. Karena di musim berikutnya (1990/1990) Liverpool menjadi runner-up, kalah dari Arsenal. Sedangkan pada musim terakhir era Divisi Satu, Leeds United keluar sebagai juaranya, Liverpool keenam.

Memasuki era baru di Liga Inggris yang diberi nama Premier League, Liverpool belum pernah meraksakan rasanya mengangkat trofi juara.
Pada era Premier League, prestasi terbaik Liverpool hanya empat kali menjadi runner-up pada musim 2001/2002, 2008/2009, 2013/2014, dan 2018/2019. Kesuksesan justru diraih rival mereka, Manchester United, yang telah 13 kali meraih gelar juara dan menjadi penguasa Liga Inggris hingga saat ini.

Liverpool hanya beberapa kali nyaris juara Premier League setelah sempat berada di puncak klasemen dengan keunggulan poin yang memungkinkan mereka untuk mengangkat piala di akhir musim.
Akan tetapi, keberuntungan belum berpihak untuk The Reds. Liverpool kerap kehilangan poin di laga-laga berikutnya. Salah satunya pada musim 2013/2014.
Sampai dengan pekan ke-35 musim 2013/2014 Liverpool berada di puncak klasemen dengan keunggulan 3 poin di atas Manchester City. 

Namun di pekan ke-36 kesialan kembali menimpa Liverpool. Tim asuhan Brendan Rodgers tersebut kalah dengan skor 0-2 di kandang dari Chelsea. Salah satu faktornya terpelesetnya kapten Steven Gerrard yang membuat Demba Ba sukses mencetak gol pembuka di menit ke-45 dan ditutup dengan gol Willian di menit ke-90.
Kekalahan dari Chelsea membuat Liverpool turun ke posisi kedua, Man City mengambil alih puncak klasemen dan bertahan hingga akhir musim sekaligus resmi menjadi juara.

Di musim ini Liverpool bertekad untuk meraih gelar juara untuk kali pertama setelah 30 tahun. Sebelum Liga Inggris 'diliburkan' karena pandemi virus corona,timn asuhan Jurgen Klopp ini berada di puncak klasemen dengan keunggulan 25 poin di atas Man City.
Akan tetapi, ketidakjelasan digulirkannya kembali di Premier League musim ini membuat Liverpool kembali terancam kehilangan gelar juara Liga Inggris.

Tidak ada komentar