Header Ads

Inilah Penyebab Jaringan Lemot Atau Lemah Di Saat Hujan

Keluhan koneksi sinyal ponsel yang tiba-tiba menjadi lemah saat hujan kerap diutarakan oleh  pengguna. Keluhan seperti ini banyak terlihat di linimasa media sosial.
Keluhan buruknya sinyal ini hampir dikeluhkan pada semua operator seluler di indonesia, mulai dari Telkomsel, XL Axiata, Indosat, Tri, hingga Smartfren.

Hujan memang bisa memengaruhi kualitas jaringan selular. Sehingga kualitas jaringan di suatu wilayah akan terganggu sementara ketika hujan, seperti ditulis situs Institut Insinyur Elektrik dan Elektronik (IEEE).
Secara umum, gelombang radio pada layanan telepon seluler memang bakal terpengaruh ketika terjadi perubahan cuaca. Petir, hujan lebat, awan yang tebal, semua bisa terganggu kelancarannya jaringan telepon. Jangkauan seluler biasanya menjadi tidak merata, kejernihan suara saat bertelepon terganggu, dan kecepatan data melambat.
Sinyal ponsel dari BTS dihantarkan oleh ion-ion positif yang bertebaran di udara. Saat terjadi hujan lebat dan angin kencang, susunan ion di udara menjadi tidak beraturan. Tetesan air yang jatuh memperhambat hantaran listrik. Sehingga, kelancaran pancaran sinyal selular akan terganggu.

Selain itu, sinyal telekomunikasi biasanya menggunakan frekuensi yang tinggi. Jenis sinyal seperti ini tidak bisa menjelajah dengan baik melalui air. Besar tetesan air juga memengaruhi sinyal di frekuensi tertentu. Sehingga, sinyal tidak bisa ditransmisikan dengan lancar dari BTS ke ponsel pengguna saat hujan, seperti ditulis oleh Nature.
Namun, belakangan masalah ini bisa dikurangi. Sebab, para insinyur sedang berusaha untuk membangun teknologi yang jauh lebih baik, seperti dilansir Roaming Buzz.
hujan petir dianggap bukan hanya memperngaruhi kualitas sinyal, tetapi lebih berbahaya karena membuat gangguan aliran listrik dan transmisi lainnya.

Ketika ditanya terkait gangguan saat hujan ini, XL dan Telkomsel tidak memberikan penjelasan secara rinci. Sementara, Smartfren dan Tri sama sekali tidak memberi tanggapan.
Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih tidak memberikan keterangan perihal gangguan sinyal di saat hujan. Alih-alih malah menjawab kalau tidak terpantau adanya gangguan layanan.
"Sejauh ini tidak ada informasi mengenai terjadinya gangguan jaringan yang berdampak luas. Meski demikian, kami juga terus memantau serta menindaklanjuti setiap keluhan dari pelanggan melalui beragam saluran, termasuk media sosial," kata Ayu, Kamis (20/2).

Tidak ada komentar