Header Ads

Menurut Usulan Dari Presiden FIFA, Piala Dunia Antarklub Di China Lebih Baik Diundurkan

Imbas dari penundaan Copa America dan Piala Eropa 2020 akibat pandemi corona (Covid-19), Presiden FIFA Gianni Infantino mengusulkan agar jadwal Piala Dunia Antarklub dimundurkan.
Diketahui gelaran Piala Dunia Antarklub akan segera digelar pada Juni dan Juli tahun depan di China. Di satu sisi, China diketahui sebagai titik awal episentrum wabah virus corona yang kemudian menyebar hingga ke global.

Itu diutarakan Infantino dalam video konferensi dengan para petinggi FIFA yang berlangsung Rabu (18/3).
"Untuk memutuskan pada babak berikutnya--ketika situasi sudah lebih jelas--untuk mengubah jadwal yang baru FIFA World Cup, nanti pada 2021, jadi 2022 atau 2023," kata dia seperti dikutip AFP.
Oleh sebab itu, kata Infantino, FIFA akan segera mendiskusikan hal tersebut dengan federasi sepak bola dan pemerintah China agar menunda gelaran FIFA World CUP dari 2021 guna meminimalisasi dampak negatif terkait dengan pandemi Covid-19.

Sebelumnya, penggelaran Piala Dunia Antarklub akan berlangsung 2021 nanti di 8 kota tuan rumah di China. Gelaran tersebut bakal diikuti oleh 24 tim dari enam konfederasi sepak bola. Delapan kota yang diusulkan jadi tuan rumah Piala Dunia Antarklub 2021 mulanya adalah Dalian, Guangzhou, Hangzhou, Jinan, Wuhan, Tianjin, Shenyang, dan Shanghai.
Infantino menyatakan dunia sedang menghadapi tantangan kesehatan global yang sulit sehingga dibutuhkan respons kolektif.

"Kerja sama, saling membantu, dan kesepahaman harus menjadi prinsip petunjuk dalam benak semua orang, pembuat keputusan pada saat momen berbahaya saat ini. Terutama pada sepakbola," kata pria berkepala plontos itu.
Bukan hanya itu, Infantino menyatakan FIFA akan menyumbang hingga US$10 juta kepada badan kesehatan dunia (WHO) untuk solidaritas pendanaan respons Covid-19.
Semula, UEFA dan CONMEBOL secara terpisah telah memutuskan untuk menunda penggelaran kejuaraan sepak bola Piala Eropa dan Copa America 2020 jadi 2021. Keputusan penundaan Piala Eropa dn Copa America menjadi 2021 itu dilakukan karena pandemi global virus corona (Covid-19).

Badan Sepakbola Eropa itu memundurkan penggelaran kejuaraan yang seharusnya berlangsung dai Juni dan Juli tahun ini jadi 2021.
Seperti dilansir AFP, UEFA mengusulkan tanggal baru untuk menggelar Piala Eropa adalah pada 11 Juni-11 Juli tahun depan. Namanya pun berubah jadi Euro 2021. Sebelumnya, Euro 2020 direncanakan digelar tengah tahun ini di 12 negara. Final Euro 2020 itu rencananya digelar di London, Inggris.
Copa America 2020 yang seharusnya digelar pada 12 Juni-12 Juli pada tahun ini. Kejuaraan bola Amerika Latin itu akan digelar di dua negara dengan melibatkan 12 tim termasuk undangan yakni Australia dan Qatar.
Kini, CONMEBOL telah memutuskan untuk menunda penggelaran itu pada 11 Juni-11 Juli 2021.

Tidak ada komentar