Header Ads

BMW Indonesia Memilih Meluncurkan Produk Baru Mereka Di YouTube Karena Efek Virus Corona

BMW Group Indonesia terpaksa mengubah rencana mereka mengenai peluncuran fisik produk Seri 6 Gran Turismo menjadi peluncuran secara digital melalui siaran langsung di You Tube. Perubahan ini diakui dilakukan mendadak karena mengikuti perkembangan status wabah virus corona (Covid-19) di dalam negeri.
Ismail Ashlan, Corporate Communications BMW Group Indonesia menjelaskan seharusnya peluncuran fisik di hadapan wartawan dan konsumen dilakukan pada pekan ini. Namun jadwal itu diganti menjadi 'virtual launch' yang akan tayang secara langsung di akun You Tube BMW Indonesia pada 12 Maret.

Peluncuran virtual bakal dilakukan pada pukul 19.00 WIB. Pihak BMW Group Indonesia juga menyediakan kolom percakapan untuk wartawan melakukan sesi tanya-jawab.
"Ada perkembangan virus corona, kita tetap akan meluncurkan produk baru tetapi bentuknya secara virtual. Ini arahan global, di sana sudah melakukannya juga cuma kami adaptasi lokal dengan kondisi paling memungkinkan seperti apa," kata Ismail saat dihubungi, Kamis (12/3).

Sebelumnya prinsipal BMW sudah melakukan konferensi pers dan peluncuran virtual mobil konsep terbaru i4 karena Geneva Motor Show diputuskan untuk dibatalkan oleh pemerintah Swiss terkait Covid-19. Bukan cuma BMW yang melakukan peluncuran virtual, Mercedes-Benz, Audi, dan Porsche juga melakukan hal sama.
BMW juga telah mengonfirmasi salah satu karyawannya di Munchen, Jerman positif terkena virus Covid-19. Sebanyak 150 karyawan diputuskan bekerja di rumah selama 14 hari untuk tindakan pencegahan.

Menurut Ismail keputusan peluncuran virtual lebih terkait perkembangan Covid-19 di Indonesia, khususnya di Jakarta. Sejauh ini ada 34 orang yang dinyatakan pemerintah positif Covid-19, dan salah satunya telah meninggal dunia.
Sementara data global menunjukkan pasien positif Covid-19 telah mencapai 118 ribu orang dengan jumlah meninggal dunia lebih dari 4.000 orang.
BMW Group Indonesia menjadi perusahaan otomotif pertama yang menyatakan melakukan peluncuran produk secara virtual. Toyota Astra Motor dan Astra Daihatsu Motor telah merencanakan peluncuran fisik Agya dan Ayla terbaru pada 19 Maret, sejauh ini statusnya belum berubah.

Tidak ada komentar