Header Ads

Berlatar Dari Kecelakaan Istri Boy Rafli, Ini Dia Fungsi Sebenarnya Dari Airbag Samping


Kantong udara atau airbag punya berbagai fungsi perlindungan tergantung di mana letaknya. Airbag bisa berada di kemudi, depan lutut, atau di bingkai jendela seperti tirai bila ingin melindungi dari tabrakan  disamping misalnya pada kasus tabrakan mobil istri Inspektur Jenderal Boy Rafli Amar dengan bus Transjakarta.
Seperti diketahui mobil yang ditumpangi sang istri berinisial I ditabrak dari arah samping oleh sopir Transjakarta yang ceroboh pada Selasa (10/3). Kedua pintu samping depan sebelah kiri rusak, serta ban depan terlihat pada foto seperti mau lepas.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun ada pelajaran yang bisa kita ambil yakni soal perlindungan airbag di bingkai jendela atau disebut side curtain airbags itu juga penting untuk mengurangi cedera.
side curtain airbags letaknya ada di sisi samping pengemudi atau penumpang depan yang saat terpicu tabrakan akan mengembang seperti tirai.
Amerika Serikat sudah mewajibkan bagi semua pabrikan mobil baru wajib dilengkapi dengan fitur tersebut guna meningkatkan keselamatan. Fitur curtain airbag pada mobil sudah menjadi standar di Amerika sejak 2013 yang lalu.

Sementara mobil-mobil di Indonesia pada umumnya hanya mempunya dual SRS airbag, yakni yang terletak di kemudi dan di dashboard di hadapan penumpang depan. Perlu dipahami, semakin banyak airbag biasanya harga mobil menjadi lebih mahal.
Saat side curtain airbag mengembang, penumpang akan terlindungi dari dorongan bodi mobil yang menjorok ke kabin saat tabrakan samping. Selain itu fitur ini juga menghalangi pecahan kaca yang mungkin menyebar ketika tertabrak.

Ford menjadi salah satu produsen yang membuat fungsi side curtain airbag lebih maksimal melindungi penghuni kabin ketika mobil terguling berkali-kali.
Side curtain airbag pada Ford lebih lama kempis pascakecelakaan, sedangkan airbag pada umumnya lebih cepat kempis setelah mobil mengalami kecelakaan. Ford biasa meletakkan side curtain airbag pada mobil yang berprofil tinggi misalnya untuk SUV yang lebih rentan dengan insiden terguling.

Tidak ada komentar