Header Ads

MotoGP 2020 Kemungkinan Baru Bisa Digelar Pada Januari 2021 Jika Benar-Benar Terdesak

Presiden Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM) Jorge Viegas mengaku sudah memiliki sejumlah rencana untuk menjalani MotoGP 2020 yang terus terganggu oleh wabah virus corona.
Mengenai kapannya MotoGP 2020 dimulai masih menjadi sebuah tanda tanya. Setelah MotoGP Qatar dibatalkan dan MotoGP Thailand pun diundur ke Oktober 2020, MotoGP Amerika Serikat yang dijadwalkan 3-5 April juga berpeluang untuk diundur.

Viegas dalam wawancara dengan Catalunya Radio mengatakan FIM dan Dorna Sports selaku pengelola MotoGP, sudah memiliki berbagai rencana untuk mengatasi masalah jadwal yang terganggu karena virus corona.
Salah satu opsi yang dimiliki oleh FIM dan Dorna Sports adalah menggelar balapan MotoGP tanpa penonton. FIM juga siap menggelar balapan MotoGP 2020 pada Januari 2021 dan menggelar dua balapan dalam satu pekan.

"Saat ini saya mempunyai kepercayaan diri MotoGP 2020 akan digelar lebih dari 13 balapan. Jika kami harus menjalaninya pada Januari 2021, kami akan siap untuk melakukannya," ujar Viegas.
"Kami bisa menggelar dua balapan dalam akhir pekan yang sama [di cirkuit yang sama] atau menggelar balapan tanpa penonton. Itu akan dilakukan jika tidak ada lagi solusi lain. Situasi seperti ini tidak ada yang tahu. Kami harus fleksibel dan penuh persiapan," sambung Viegas.

Terkait MotoGP Amerika Serikat yang semula dijadwalkan menjadi pembuka MotoGP 2020 dipastikan Viegas hampir pasti tidak akan digelar pada 3-5 April karena maraknya wabah virus corona.
"Peluang MotoGP Amerika Serikat yang digelar 5 April sangat tipis sekali. Kami sedang bekerja untuk mencari tanggal alternatif untuk balapan di Austin. Tapi saat ini semua berkembang dengan cepat dan kami masih belum bisa berkomentar lebih banyak," ucap Viegas.
Opsi terakhir yang dimiliki oleh pihak FIM dan Dorna Sports adalah menggelar balapan di cirkuit yang tidak ada dalam kalender MotoGP 2020 dan di tempat yang tidak terkena imbas virus corona. Salah satu tempat yang mungkin digunakan adalah Portiamo dan Estoril di Portugal.

"Portimao adalah Cirkuit cadangan, sama seperti Estoril. Di Portugal masih belum ada larangan travel," ucap Viegas.

Tidak ada komentar