Header Ads

Liga Vietnam Kembali Digelar Tetapi Dengan Peraturan Ketat

V.League to be held in February - Sports - Vietnam News | Politics ...

Liga Vietnam atau V League 1 akan kembali melanjutkan kompetisi mereka di musim ini di tengah pandemi virus corona pada Jumat (5/6) dengan pertandingan Hai Phong melawan Ho Chi Minh City di Stadion Lach Trau sebagai laga pembukanya.
Pertandingan pada minggu ini merupakan laga pekan ketiga bagi Liga Vietnam setelah terhenti sejak pertengahan Maret yang lalu.

Pada sisa kompetisi musim ini, Liga Vietnam menyisakan sebanyak 120 pertandingan dari total 134 laga. Meski terbilang sebagai negara yang sukses dalam menangani Covid-19, kompetisi Liga Vietnam musim ini akan dilanjutkan dengan protokol kesehatan.
Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) Le Hoai Anh mengatakan jumlah suporter akan dibatasi di masa new normal ini.
 Sementara itu, sejumlah protokol akan diterapkan di pertandingan Hanoi melawan Hoang Anh Gia Lai yang akan digelar di Stadion Hang Day, Sabtu (6/6).

Selain pembatasan jumlah penonton, untuk mencegah penularan virus corona, dua hari sebelum pertandingan panitia pelaksana akan menyemprotkan disinfektan ke seluruh halaman Stadion Hang Day.
Kursi-kursi di stadion akan dibersihkan 2,5 jam sebelum pertandingan dimulai. Gerbang stadion dan gerbang keamanan juga akan dibuka 2,5 jam sebelum kick-off.
Penonton yang akan menyaksikan pertandingan akan diukur suhu tubuhnya telebih dahulu. Tidak hanya itu, suporter juga diminta membawa pembersih tangan dan menggunakan masker sebelum, selama, serta setelah pertandingan.

Suporter disarankan untuk datang lebih awal guna menghindari penumpukan di gerbang stadion dan pintu masuk. Kehadiran lebih awal itu juga bisa menjadi momen bagi para tim untuk mendapatkan dukungan terbaik.
Meski Stadion Hang Day memiliki kapasitas 22.500 penonton, namun di masa new normal ini jumlah penonton dibatasi menjadi 10 ribu orang saja.
Guna mencegah kerumunan baik sebelum maupun sesudah pertandingan, petugas gabungan yang terdiri dari polisi dan tentara diturunkan, dengan jumlah diperkirakan mencapai 500 orang.

Petugas kepolisian Hanoi akan memastikan keamanan, keselamatan sebelum, selama, dan setelah pertandingan dengan efisiensi tinggi.
Pada saat yang sama, kepolisian juga akan memandu lalu lintas guna menghindari kemacetan selama pertandingan dan membuat rute cadangan.

Kontrol ketat dalam pertandingan tersebut juga diperkuat dengan melarang suporter membawa benda-benda berbahaya. Mulai dari bahan peledak, hingga melarang penggunaan suar di dalam stadion.
Selain penerapan protokol kesehatan di pertandingan, Liga Vietnam juga melakukan perubahan format. Tidak ada lagi skema kandang dan tandang, tetapi lebih ke format tunggal.
Setelah itu, klasemen akan dibagi menjadi 2 grup. Tim di posisi ke delapan teratas akan masuk ke Grup A untuk memperebutkan juara hingga peringkat ketiga, sedangkan enam terbawah ke Grup B untuk menentukan degradasi. Pada situasi saat ini V-League hanya memastikan satu tim yang akan terdegradasi ke V-League 2.

Tidak ada komentar