Header Ads

DOMINASI DARI BAYERN MUNCHEN MEMBUAT BUNDESLIGA DIANGGAP MEMBOSANKAN


Bundesliga: Lewandowski the hat-trick hero for Bayern Munich ...

Bayern Munchen membutuhkan enam poin lagi untuk memastikan gelar juara ke-30 di Bundesliga Liga Jerman dan semakin menegaskan dominasi di kancah domestik.
Saat ini Bayern sudah mengumpulkan 70 poin dan menempati peringkat pertama klasemen, unggul tujuh poin di atas Borussia Dortmund.

Dengan empat laga tersisa, poin maksimal Dortmund adalah 75 poin. Berbekal dua kemenangan lagi, Munchen akan kembali menjadi kampiun Bundesliga sekaligus memperpanjang catatan beruntun yang telah ditorehkan sejak musim 2012/2013.
Selama tujuh tahun belakangan, dominasi Bayern seperti tak bisa disangkal. Borussia Dortmund, Schalke, Bayer Leverkusen, RB Leipzig kesulitan untuk menandingi Die Roten dalam perburuan gelar.

Dominasi Bayern bukan menjadi barang baru, hanya saja dalam satu dasawarsa terakhir kian menjadi. Klub yang berdiri pada 1900 itu pernah meraih gelar secara beruntun pada 1970-an. Pemantauan bakat dan level pelatihan yang baik membuat Franz Beckenbauer dan kawan-kawan menjadi raja Jerman dan Eropa.
Pada saat itu kejayaan dari Bayern masih dapat diimbangi oleh Borussia Monchengladbach dan Hamburg SV, disusul kemunculan Borussia Dortmund.

Keberadaan Bayern dalam papan atas Liga Jerman dan menjadi salah satu klub terpandang di Eropa tak hanya berdasarkan kejelian pemandu bakat serta metode kepelatihan. Uang yang melimpah membuat Der FCB selalu memiliki daya saing yang tinggi.
Bayern masuk dalam jajaran klub terkaya di Eropa, ada di level setara Real Madrid, Barcelona, dan Manchester United. Sementara dalam jajaran klub kaya versi Forbes, tidak ada klub Jerman lain dalam peringkat 50 besar selain Bayern.

Tiket, pernak-pernik, uang hadiah, dan dana sponsor membuat klub leluasa mendatangkan pemain-pemain ternama di tiap lini.
Pemilik lima gelar Liga Champions itu tidak hanya memanfaatkan dana yang melimpah, tetapi juga pandai menjalankan bisnis sehingga uang terus berputar untuk tetap menghidupi klub dan menjaga kestabilan daya saing.
Kejelian klub merasakan talenta-talenta muda membuat mereka tak harus merogoh kantong yang lebih dalam untuk mendatangkan pemain. Sementara ada kalanya pemain top macam James Rodriguez dan Philippe Coutinho didatangkan dengan cara peminjaman. Bahkan Robert Lewandowski dan Leon Goretzka didatangkan secara gratis.

Kerap menjadi finis teratas, Bayern pun seolah membuat juara Liga Jerman seperti sudah diketahui sebelum musim dimulai. Dengan kata lain, untuk urusan rivalitas juara, Bayern menjadikan Liga Jerman seolah membosankan. Di sisi lain, kesebelasan yang pernah dijuluki FC Holywood ini memaksa klub-klub lain di Jerman untuk berbenah total demi gelar juara.

Tidak ada komentar