Header Ads

Toyota Telah Mengumumkan Recall Mobil Hybrid Do Australia Namun Di indonesia Belum Mendapat Kepastian

2020 Toyota Corolla Hybrid: Trunk-ated Prius


Toyota Indonesia masih belum mendapat kepastian tentang keterlibatan mobil di dalam negeri terkait recall model hybrid, Prius dan Corolla, yang sudah diumumkan untuk pasar Australia.
Recall Prius dan Corolla itu disebabkan cacat pada perangkat lunak yang membuat mobil bisa kehilangan tenaga secara tiba-tiba. Sistem hybrid pada kedua model tersebut disebut Komisi Persaingan dan Konsumen Australia (ACCC) dapat sepenuhnya mati karena kegagalan komponen.

Model yang terdampak masalah itu yakni 847 unit Toyota Prius produksi 2014-2015 dan 5.118 unit Corolla Hybrid produksi 2015 hingga 2018.
"Saat ini belum ada informasi [recall] dari prinsipal," kata Direktur Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi, Senin (10/8).
Prius dan Corolla Hybrid juga dijual di Tanah Air, keduanya diimpor secara utuh dari Thailand. Selain sedan Corolla Hybrid, TAM juga mengimpor model terbaru yang meluncur pada 6 Agustus, Corolla Cross Hybrid, dari Negeri Gajah Putih.

Menurut Anton pihaknya masih mendalami informasi tersebut ke prinsipalnya di Jepang terkait dengan kemungkinan recall juga berlaku pada unit di Indonesia.
"Mungkin unit yang didapatkan di indonesia berbeda. Tapi sekarang sedang dikonfirmasi lebih lanjut," kata Anton.
Laporan pihak Car Advice menyebutkan ada kesalahan perangkat lunak yang bisa membuat hilangnya daya hingga seolah-olah kendaraan dalam posisi gigi netral. Meski begitu sistem kemudi dan pengereman tetap bekerja secara normal.
Masalah kerusakan ini menyerupai recall Prius sebelumnya yang diumumkan oleh pihak Toyota untuk banyak unit di seluruh dunia. Toyota pernah menarik sebanyak 752 ribu unit Prius produksi 2013-2015 dan Prius v hybrid produksi 2014-2017.

TAM sendiri baru saja melakukan recall atas komponen yang berbeda, yakni atas kerusakan pompa bahan bakar atau fuel pump pada model-model konvensional. Perusahaan meminta konsumen yang mobilnya terlibat agar segera melakukan perbaikan ke bengkel resmi Toyota terdekat.
Dalam keterangan tertulis TAM, model yang terlibat recall pompa bahan bakar di antaranya Alphard produksi 2017-2018, Corolla produksi 2018, FJ Cruiser produksi 2013-2014, serta Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi 2017-2019.

Tidak ada komentar