Header Ads

Indomobil Group Akan Menangambil Saham Mayoritas Distributor Nissan Sebesar 75persen

Investment of Rp 438 billion, Nissan-Datsun Building New Factory ...

Indomobil Group akan mengambil alih saham mayoritas Nissan Motor Distributor Indonesia (NMDI) menjadi 75 persen berdasarkan nota kesepahaman yang telah ditandatangani bersama dengan pihak Nissan Motor Company pada Kamis (6/8).
Nota kesepahaman itu merupakan kesepakatan baru yang bertujuan membentuk kemitraan strategis antara kedua entitas untuk memperkuat brand Nissan di Indonesia. Nissan Motor kini memegang 25 persen saham NMDI.

Operasi Nissan di Indonesia belakangan sedang terpuruk yang ditandai penutupan pabrik di Karawang, Jawa Barat mulai Maret 2019. Nissan juga sudah memutuskan mengakhiri reinkarnasi merek Datsun di Indonesia pada tahun ini.
"Hubungan kami dengan Nissan dibangun berdasarkan rasa saling menghormati dan nilai-nilai bersama. Kolaborasi yang lebih dalam dengan Nissan akan membuka peluang besar untuk memperkuat pelayanan kami demi kepentingan pelanggan dan mitra bisnis", ujar Jusak Kertowidjojo, Presiden Direktur dan CEO Indomobil Group dalam keterangan tertulis.

Pada 2018 Indomobil Group telah melepas saham anak perusahaannya, IMG Sejahtera Langgeng, di Nissan Motor Indonesia (NMI), sebesar 5,1 persen. Pelepasan kepemilikan pada Agen Pemegang Merek Nissan itu lantaran terus menerus mengalami kerugian.
Pada April 2020, Indomobil Group harus kembali melepas sahamnya sebesar 18,9 persen saham berdasarkan laporan tahunan Gallant Venture Ltd, perusahaan di bawah naungan Salim Group.

Presiden Direktur NMI Isao Sekiguchi menjelaskan nota kesepahaman baru dengan Indomobil Group ini menjadi bagian rencana transformasi global dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan serta menguntungkan.
"Sebagai bagian dari Nissan Next - rencana transformasi global Nissan untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan menguntungkan, Nissan akan mendorong strategi penjualan dan layanan yang terfokus di Indonesia dengan memperkuat kolaborasinya dengan mitra lokal, Indomobil Group," kata Sekiguchi dalam keterangan tertulis.
"Nota kesepahaman ini menggarisbawahi komitmen Nissan untuk terus membangun mereknya di Indonesia dan selalu memberikan layanan terbaik kepada 300.000 pelanggannya," kata Sekiguchi lagi.
Nissan di Indonesia disebut bakal meluncurkan berbagai produk baru terutama terkait elektrifikasi seperti Kicks e-Power dan Nissan Leaf.

Tidak ada komentar