Header Ads

Malaysia Tidak Akan Serahkan Jazat Kim Jong Nam ke Korea Utara

Malaysia Tidak Akan Serahkan Jazat Kim Jong Nam ke Korea Utara


Desakan yang dilakukan pemerintah dan perwakilan Korea Utara (Korut) di Malaysia untuk memulangkan jasad Kim Jong-nam, kakak tiri penguasa Korut Kim Jong-un. Pemerintah negeri Jiran menyatakan, hanya keluarga yang bisa mengambil dan membawa pulang jenazah.

Dilansir Channel News Asia, Sabtu (11/3), jenazah Jong-nam kini sudah diserahkan kepolisian kepada Kementerian Kesehatan. Sejauh ini, pemerintah belum merencanakan tindakan lebih lanjut kecuali menunggu permintaan keluarga untuk mengambil jasadnya.

"Tidak ada batas waktu untuk mengambil jenazah, dan ini adalah kasus dengan profil tinggi, kami tidak ingin ada kesalahan saat mengeluarkan keputusan. Kementerian akan memutuskan apa yang dilakukan selanjutnya," ujar Wakil Menteri Kesehatan Dr Hilmi Yahaya.

Hilmi menegaskan, mereka yang berhak mengambil jenazah tersebut hanya keluarga, hal itu berdasarkan undang-undang yang berlaku di Malaysia. Apabila tidak ada yang mengambil, maka jasadnya akan dimakamkan di Malaysia.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Diraja Malaysia Irjen Pol Khalid Abu Bakar memastikan bahwa jasad yang tewas diracun saat berada di KLIA 2 adalah Kim Jong-nam. Dibukanya identitas ini hampir satu bulan sejak pembunuhan berlangsung.

Namun dia tidak menyebutkan cara tim medis mengungkap identitasnya, apakah melalui sampel DNA atau tanda-tanda di tubuhnya. New Straits Times mengungkap, proses identifikasi dilakukan berdasarkan 21 tahi lalat di wajahnya.

Tetapi hal itu dibantah oleh Khalid. "Tidak, itu tidak benar. Cara itu tidak cukup untuk kami

Tidak ada komentar