Header Ads

20 MATA MATA CIA DI BUNUH OLEH PEMERINTAH JEPANG

PEMERINTAH JEPANG MEMBUNUH 20 MATA MATA CIA



Pemerintah China telah membunuh dan memenjarakan 18 sampai 20 informan badan intelijen Amerika Serikat CIA selama periode 2010 hingga 2012. Hal tersebut diungkapkan oleh surat kabar New York Times melalui proses wawancara terhadap 10 pejabat dan mantan pejabat Amerika Serikat.

Salah satu di antaranya bahkan mengungkapkan ada satu informan yang ditembak mati di depan rekan kerjanya sebagai peringatan terhadap mata-mata lain yang mungkin berada di negara tersebut. Demikian dilaporkan laman Sky News, Minggu (21/5).

Pembongkaran operasi mata-mata CIA itu dilakukan mulai 2010 lalu ketika agen CIA berhasil mendapatkan informasi berkualitas tinggi tentang pemerintah China dari sumber-sumber yang berada jauh dari birokrasi.

Sejak saat itu, pemerintah mampu mengungkap operasi mata-mata AS di negaranya secara sistematis. Kendati demikian masih ada perdebatan mengenai apakah China telah meretas sistem komunikasi CIA atau ada mata-mata CIA yang membelot.

Pembunuhan terhadap mata-mata CIA itu membuat kerugian jumlah aset CIA dan merusak segala informasi yang telah dikumpulkan Amerika Serikat selama bertahun-tahun.

Tidak ada komentar