Header Ads

BEBERAPA CARA MENGENALI GEJALA PENYAKIT PARKINSON

kompasqq


Penyakit Parkinson adalah kelainan yang menyerang sistem saraf progresif. Gangguan pada sistem saraf ini secara bertahap memengaruhi pergerakan. Gejala dan tanda-tanda penyakit Parkinson biasanya muncul secara bertahap dan memburuk dari waktu ke waktu. Gemetar di satu tangan sering menjadi gejala awal Parkinson. Pada tahap awal penyakit Parkinson, wajah biasanya menunjukkan sedikit atau tanpa ekspresi. Lengan tidak diayunkan saat berjalan. Suara yang keluar seringkali tidak jelas.

Getaran
Gerakan gemetar atau tidak terkendali pada anggota tubuh seperti tangan atau ibu jari adalah tanda-tanda Parkinson. Jika Anda tidak aktif, tangan Anda mungkin gemetaran tanpa alasan.

Gerakan melambat dan otot kaku
Parkinson memperlambat gerakan. Tugas-tugas sederhana seringkali memakan waktu lama dan menjadi lebih sulit. Misalnya, langkah yang lebih panjang dan lebih pendek. Contoh lain adalah kesulitan berdiri dari kursi. Kekakuan otot dapat terjadi pada sebagian tubuh. Otot yang kaku dapat menyebabkan rasa sakit dan membatasi gerakan.

susah membaca dan menulis
Kemampuan bahasa juga terpengaruh. Penyakit Parkinson membuat seseorang berbicara lebih lambat, ragu-ragu dan sering tidak jelas. Seseorang dengan Parkinson juga mengalami kesulitan menulis. Tulisan Anda bisa lebih kecil dan lebih buruk.

Parkinson belum disembuhkan sejauh ini. Namun, obat-obatan dapat secara signifikan menghilangkan gejala-gejalanya. Jika Anda memiliki tanda dan gejala penyakit Parkinson, segera hubungi dokter Anda.

Tidak ada komentar