Header Ads

BEBERAPA BUAH DIYAKINI MENCEGAH TERJADINTA PEMBOTAKAN DINI

kompasqq


Bertambahnya usia menyebabkan perubahan kondisi rambut. Salah satunya adalah kepala botak yang disebabkan kerontokan rambut. Bashar Bizrah, pakar kesehatan di Beyond Medical Centre di Kensington, Inggris, mengatakan penyebab paling umum kerontokan rambut adalah faktor genetik. Kerugian itu disebabkan penipisan dan kulit kepala.

Pencegahan bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa buah. Berikut adalah lima jenis buah yang dapat membantu memperlambat kebotakan sambil menjaga kesehatan kulit kepala.

Pepaya
Buah-buahan yang mudah ditemukan di lingkungan tropis ini tidak hanya memberikan rasa manis, tetapi juga manfaat kesehatan untuk rambut. Kandungan vitamin C dalam pepaya membantu tubuh untuk memproduksi kolagen dengan kombinasi asam amino yang biasanya ditemukan pada daging sapi, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, dan produk susu. Kolagen tidak hanya meningkatkan pertumbuhan rambut baru tetapi juga membuat dermis tetap kuat. Dermis adalah lapisan kulit tengah tempat akar rambut menempel.

Kiwi
Kiwi adalah buah yang mengandung banyak vitamin dan kaya antioksidan. Di dalamnya mengandung vitamin A, vitamin E, vitamin K dan antioksidan flavonoid seperti beta-karoten, lutein dan xanthine. Manfaat kiwi juga dilengkapi dengan banyak mineral seperti seng, magnesium, dan fosfor. Mineral ini bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi kulit kepala dan menguatkan akar rambut.

Apel
Sebuah apel dapat menyelamatkan Anda dari penyakit dan masalah rambut. Apel mengandung vitamin A, B dan C sebagai tiga vitamin penting untuk rambut sehat. Antioksidan juga melindungi tubuh dari radikal bebas dan berkontribusi pada pembentukan sel-sel baru. Sebuah studi tahun 2002 di Jepang mengamati bagaimana apel mendukung pertumbuhan rambut. Berdasarkan penelitian oleh para peneliti dari Tsukuba Research Laboratory, Jepang, Apel mengandung procyanidin B-2, komponen yang meningkatkan pertumbuhan rambut.

Nanas
Radikal bebas juga merusak folikel rambut. Untuk melawannya, tubuh membutuhkan antioksidan. Nanas tidak hanya kaya akan nutrisi seperti vitamin C, B6 dan mangan, tetapi juga kaya akan antioksidan.

Tidak ada komentar