Header Ads

Ibu Kota Jakarta Diguncang Gempa Bumi Yang Masih Bersahabat


Masih Bisa Tenang Jakarta Diguncang Gempa Bumi 6,5 SR Yang Masih Tidak Berbahaya

Jakarta Diguncang Gempa Bumi berkekuatan 6,5 skala richter (SR). Gempa bumi yang terjadi Rabu pagi (19/10/2016) sekitar pukul 07.25 ini terasa di sejumlah daerah di Jawa Barat dan Banten. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan, gempa magnitido itu berpusat di Laut Jawa. Pada kedalaman 120 kilometer (km) dengan kedalaman 654 km. Beruntung, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Posko Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengkonfirmasi dampak gempa di beberapa daerah. Intensitas gempa dirasakan III-IV MMI atau ringan hingga lemah. Beberapa wilayah di bagian utara Banten. Jawa Barat dan Jakarta merasakan gempa dengan lemah dan mengayun selama 5 hingga 8 detik.

“Masyarakat di Tangerang, Jakarta, Bekasi, Sumedang, Cikarang, Cirebon, Indramayu, Bogor, Cilegon, dan Sumedang. Dilaporkan merasakan guncangan tetapi lemah,” ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, Rabu (19/10).

Masyarakat di Jakarta yang tinggal di gedung bertingkat dan apartemen dikatakannya, merasakan guncangan yang lebih kuat. Kendati demikian, belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan.

“Diperkirakan gempa tidak menimbulkan kerusakan bangunan dan korban jiwa. Aktivitas masyarakat tetap berjalan normal,” tukasnya. Jakarta Diguncang Gempa Bumi

Meskipun kekuatan gempa cukup besar yaitu 6,5 SR namun tidak menimbulkan dampak merusak. Karena pusat gempa sangat dalam yaitu 654 km di bawah dasar Laut Jawa. Pusat gempa, sambung Sutopo, berada di dalam Lempeng Eurasia. Bukan pada subduksi lempeng

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa dengan kekuatan 6,5 skala richter (SR). Dengan pusat gempa berada di laut yang berada 120 kilometer Timur Laut Subang. Dan kedalaman 654 kilometer yang terjadi pada Rabu (19/10) pukul 7.25 WIB. Gempa bumi tersebut telah mengguncang beberapa wilayah di bagian Utara Banten, Jawa Barat, dan Jakarta.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Beberapa wilayah di bagian Utara Banten, Jawa Barat, dan Jakarta merasakan gempa dengan lemah dan mengayun selama 5-8 detik. Intensitas gempa dirasakan III-IV MMI atau ringan hingga lemah.


Suntuk dan bosan? Mending Kunjungi Website KompasQQ.
Memiliki banyak permainan yang seru dan menarik dengan uang asli.


Tidak ada komentar