Header Ads

Manfaat Olahraga Disaat Hamil, Menghindari Obesitas Berlebihan Kepada Anak

KompasQQ

Olahraga adalah aktivitas untuk melatih tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani tetapi juga secara rohani (misalkan catur). Olahraga dapat dilakukan bersama-sama. Tidak banyak jenis olahraga tradisional Indonesia yang muncul di permukaan. Beberapa olahraga tradisional yang sudah diketahui secara umum adalah Pencak Silat, Egrang, Bakiak/Terompah, Tarik Tambang, Balap Karung, Karapan Sapi, Kelereng, Gasing, dan Sumpit. Sementara yang lain, seperti Benteng, Galah Asin, Benjang, Langga, Manggurebe, Pacu Jalur, Pathol, dan Zawo-Zawo, hanya dikenal oleh kalangan terbatas, terutama di daerah tempat olahraga itu berasal.

Namun olahraga sendiri tidak hanya berdampak kepada individu saja jika sedang mengalami kehamilan, namun bagi kandung juga berdampak kesehatan dan manfaat olahraga sendiri bagi kesehatan dan manfaat bayi yang di kandung. Berolahraga ketika hamil merupakan salah satu hal yang tidak banyak dilakukan. Perbedaan kondisi yang dialami atau kurangnya waktu membuat seorang ibu jarang berolahraga ketika hamil. Sebuah penelitian terbaru mengungkap betapa pentingnya melakukan olahraga ini bagi seorang ibu hamil. Dilansir dari EurekAlert sebuah percobaan yang dilakukan terhadap tikus hamil mengetahui ketika bayinya lahir, mereka cenderung lebih sedikit bertambah berat badannya walau mengonsumsi makanan tinggi lemak.

Peneliti juga mengamati bahwa pada anak yang induknya berolahraga memiliki temperatur tubuh yang lebih tinggi. Adanya fungsi termogenik ini diketahui dapat mencegah obesitas dan masalah metabolisme. Usai disapih, anak tikus ini diberi makanan tinggi lemak selama delapan minggu. Hasilnya, anak dari induk yang berolahraga mengalami kenaikan bobot lebih rendah serta lebih sedikit gejala dari penyakit metabolik seperti diabetes dan penyakit hati berlemak.

Maka dari itu hidup sehat dari sekarang tanpa harus bermalas- malasan karena disaat kita bersemangat melakukan olahraga banyak dampak kesehatan, walaupun kita lelah dalam melakukan kegiatan tersebut tapi pasti ada hasil dan manfaat nya. Karena disetiap usaha pasti ada hasil yang menanti, kita hanya melakukan hal yang simple dan keras namun mendapatkan manfaat itu sendiri.


Tidak ada komentar