Header Ads

Mengenal Lebih Dekat Masjid Kubah Emas Yang Juga Ada Di Singapura

Berita terkini dan terhits


Dengan kubah emas yang sangat besar dan tempat shalat yang sangat luas, Masjid Sultan Singapore adalah salah satu yang wajib dikunjungi jika Anda berada di wilayah Kampong Glam yang bersejarah. Masjid Sultan Singapore, sebagaimana dikenal demikian, merupakan masjid terkemuka di Singapura dan merupakan salah satu bangunan agama paling mengesankan di negara ini.

Masjid Sultan kebanggaan bersama warga negeri Singa itu pun menjadi sorotan wisatawan untuk berkunjung. Majsid bernuansa coklat muda dengan kubah emas di bagian puncaknya ini jadi destinasi wisata wajib bagi moslem traveler di Singapura. Keindahan Masjid Sultan membuat kawasan Kampong Glam bagaikan berlian yang harus selalu dijaga. Lingkungan sekitarnya memang selalu rapi, bersih dan nyaman meski ramai dengan wisatawan yang memenuhi deretan restoran untuk bersantap makanan halal Singapura yang mudah ditemui.

Masjid yang berlokasi di Muscat Screet tersebut kini memiliki ruang utama dengan luas sekitar 2000 meter persegi. Masjid ini disebut sebagai salah satu bangunan bersejarah karena telah dibangun sejak 1824 silam. Desainnya megah dan mewah tapi menjadi saksi turut andilnya seluruh masyarakat muslim Singapura. Dana pembangunannya dibantu oleh Pemerintah Inggris, tapi di bagian kubahnya ternyata ada sebuah cerita menarik.

Kalau Anda melihat bagian kubah yang berbentuk bawang, terlihat dasar kubah yang berwarna hitam. Itu merupakan ujung botol kaca sumbangan umat Muslim Singapura yang tidak mampu dan jumlahnya mencapai ribuan. Hal itu merupakan wujud kebersamaan warga Singapura dan membuatnya menjadi bangunan agama paling mengesankan di sana. Pada 1975, Masjid Sultan dikukuhkan sebagai monumen nasional.




Tidak ada komentar