Header Ads

TIDAK BAIK JIKA SEHABIS MAKAN KITA MELAKUKAN INI



Saat Anda masih kecil, tentu orangtua selalu mengingatkan Anda untuk tidak langsung menyebur ke kolam renang setelah makan. Alasannya mereka khawatir Anda akan memuntahkan makanan di dalam kolam renang.Namun bagaimana faktanya? berenang setelah makan memang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulai dari mual, kram hingga nyeri perut. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui efeknya lebih dalam.

Mual
Wejangan yang disampaikan orangtua yang melarang Anda untuk berenang setelah makan besar ternyata ada benarnya. Tubuh membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam untuk mencerna makanan, nah ketika Anda berenang sesaat setelah makan, maka sistem pencernaan akan terganggu. Ketika makanan Anda belum sempurna dicerna di dalam tubuh maka Anda akan merasakan gejala mual hingga muntah.

Kram
Ya, selain mual, berenang setelah makan juga dapat memicu kram di betis, paha dan tangan. Alasannya ketika tubuh baru saja menerima makanan maka akan lebih banyak darah yang dialirkan ke usus sehingga jumlah oksigen yang menuju ke otot berkurang sehingga menyebabkan kram di bagian tubuh tertentu.

Nyeri perut
Kram lebih berkaitan pada otot, sementara nyeri perut yang Anda alami ketika berenang setelah makan justru bersumber di bawah tulang rusuk. Itu sebabnya berolahraga setelah makan besar selalu dilarang karena dapat memicu hal ini.Meski demikian, berenang dengan perut kenyang tentu akan menimbulkan ketidaknyamanan, namun hal itu tidak fatal jika Anda tak sengaja melakukannya. Itu sebabnya ketika Anda akan berenang cobalah beri jeda sekitar 2-3 jam setelah makan.

Untuk menghindari gangguan yang mungkin timbul saat sedang berenang, tak ada salahnya untuk menunggu beberapa saat sebelum berenang serta jangan terlalu bersemangat berenang jika setelah makan.

Tidak ada komentar