Header Ads

Jauhkan Lampu Menyala Pada Saat Buah Hati Anda Tertidur


Tidak semua orang pada umumnya tidur pada waktu lampu dimatikan. Namun sejumlah peneleti telah menyatakan bahaya nya jika pada waktu tidur lampu tidak dimatikan bebrapa dampak akan terjadi pada kehidupan yang akan mendatang. Demi menjaga kesehatan kita semua, disarankan agar kita tidur dengan lampun mati atau redup. Paparan cahaya yang terlalu terang saat malam terutama waktu tidur bisa memiliki banyak efek buruk buat kesehatan. Efek tersebut mulai resiko depresi, kurang fokus, sesak hingga resiko yang paling parah yaitu Kanker.

Risiko kanker makin besar

Tidur dalam kondisi lampu atau barang elektronik menyala meningkatkan risiko penyakit kanker. Sebuah riset dari Massachussetts Intitute of Technology (MIT) mengungkapkan jam tubuh seseorang ditentukan oleh cahaya. Cahaya juga berfungsi untuk membuat tubuh mengenal waktu dengan mengatur fungsi sel termasuk metabolisme.  dua gen yang bertugas mengenal waktu punya kemampuan untuk menekan tumor. Pengaturan cahaya yang 'membingungkan' alias malam hari tapi terdapat cahaya terang bisa membuat penekan tumor menipis dan berpotensi membuat tumor memburuk.
Di sisi lain, wanita juga layak waspada sebab mereka makin berisiko terkena kanker payudara. Tidur dalam keadaan cahaya terang membuat tubuh kekurangan hormon melatonin. Hormon ini bertugas untuk menekan sel kanker. Ia banyak diproduksi malam hari dan sedikit kala mata mendeteksi adanya cahaya. Kekurangan melatonin membuat tubuh tak bisa memerangi sel kanker.

Obesitas

Para peneliti dari Universitas Oxford, Inggris menemukan wanita yang tidur di bawah nyala lampu memungkinkan mereka untuk memiliki index massa tubuh dan pinggang lebih besar daripada wanita yang tidur di tempat gelap.studi yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology ini menyebut cahaya bisa menurunkan produksi hormon melatonin sehingga mengganggu metabolisme dan pola makan.

Tidur dengan lampu menyala juga tidak disarankan untuk anak-anak. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Physiological Reports yang dilakukan peneliti di University of Colorado Boulder, Amerika Serikat menemukan bahwa efek paparan cahaya lampu saat anak tidur bisa berpengaruh pada kualitas tidur anak, kesehatan mata juga berpengaruh pada temperatur tubuh, tekanan darah dan metabolisme glukosa di tubuhnya.

Sementara itu, Lameese Akacem dari universitas yang sama mengungkapkan, "Efek buruk cahaya terhadap orang dewasa sudah ditemukan dan cukup membahayakan. Tapi untuk anak-anak kita baru melakukan penelitian. Kita menemukan anak-anak ternyata sangat sensitif terhadap cahaya lampu."

Karena temuan ini, para ahli menyarankan agar orangtua membiasakan anak tidur dengan cahaya lampu tidak terlalu terang saat malam demi kesehatannya maupun kesehatan bersama. Tak hanya lampu, orang tua juga disarankan mematikan media elektronik digital di dalam rumah minimal satu jam sebelum tidur.

Tidak ada komentar