Header Ads

Beberapa Penyebab Yang Membuat Seseorang Enggan Berbicara Dan Tidak Peduli Dengan Keadaan Yang Lain

kompasqq
Terkadang hidup memang memiliki banyak cobaan yang berat yang membuat kita kecawa ataupun membuat kita putus asa. Beberapa cobaan membuat kita terkadang  tidak mampu untuk mengatasi masalah tersebut dan membuat kita tidak berarti didunia ini. Namun selalu ingat lah bahwa Tuhan selalu berserta kita tanpa meninggalkan kita sedikit pun. Namun masih banyak dari beberapa orang yang memilih diam dan tidak ingin menyelesaikan masalah nya sendiri, dan lebih memilih mendiam diri dalam kesendirian yang sedih dan pahit. Maka dari itu beberapa faktor bisa di rasakan jika seseorang menjauhi diri dari orang lain ataupun sekitar nya.

Sikap diri yang tertutup dan tidak suka melakukan sesuatu
Perasaan atau sikapyang tertutup dengan orang lain sering kali menjadikan seseorang lebih suka menyendiri. Hal ini wajar karena biasanya orang pendiam itu lebih suka tempat yang sunyai dan tidak suka keramaian. sungkan melakukan suatu hal akan menyebabkan sesorang tidak pandai untuk menyampaikan pendapat atau ragu-ragu dalam berbuat. Biasanya perasaan ini akan muncul ketika ada kesenjangan sosial baik dari segi materi ataupun kekurangan seseorang dari segi fisik.

Merasa malu terhadap orang lain
Perasaan Malu sebenarnya merupakan sifat yang baik dan banyak sekali dipuji terutama malu yang membangun seseorang untuk tidak melakukan suatu kesalahan atau pelanggaran. Terlepas dari hal ini, yang dimaksud malu disini adalah malu ketika melakukan suatu yang baik. Misalnya, jika kita seorang pelajar dan diminta untuk mempresentasikan apa yang ktia kerjakan oleh guru dan kita tidak mau maju karena saking malunya, nah yang seperti ini yang tidak baik dan bisa jadi salah satu penyebab seseorang menjadi pendiam.

Sikap yang diberikan di masa kecil dan kegagalan
Sikap yang diberikan dimasa kecil misalnya dari keluarga atau dari sodara merupakan faktor terbesar yang dapat membangun karakter pendiam pada seorang anak. Misalnya, perhatian yang tidak sama kepada semua personil keluarga dan lebih condong kepada salah satunya atau sikap diskriminasi yang dilakukan dll. Kegagalan yang dialamai seseroang akan menyebabkannya merasa minder terhadap orang lain terutama orang yang pernah ia kenal sebelumnya. Walaupun demikian harusnya kegagalan tidak dijadikan faktor penyebab kemunduran, jika kita pernah gagal dan siapapun pasti pernah merasakannya harusnya dapat disikapi dengan lapang dan berusaha sekuat tenaga untuk bangkit kembali dan menunjukan kepada semuanya bahwa kita bisa melakukannya.

Tidak ada komentar